Uje


Ustad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Uje adalah seorang pendakwah, penyanyi, dan aktor berkebangsaan Indonesia yang banyak di gandrungi para majelis taklim karena penyampaian dakwahnya sangat menyentuh.

Lahir di Jakarta pada tanggal 12 april 1973. Ustad berkarismatik ini menikahi seorang model sampul yang bernama Pipik Dian Irawati pada tahun 1999 di kota Semarang dan dikaruniai 4 orang anak yaitu Abidzar Al Ghifari, Adiba Khanza Az-Zahra, Ayla-Zahra, Ayla Azuhro, Attaya Bilal Rizkillah.

Besar di lingkungan keluarga yang taat agama, membuat Uje menyukai pelajaran tentang agama. Sejak kelas 5 SD, beberapa penghargaan yang di dapat dari kejuaraan MTQ, dan kesenian hingga ke tingkat provinsi pun telah di raihnya.

Selesai duduk di bangku Sekolah Dasar, Uje di masukkan di sebuah pondok pesantren modern di Balaraja Tangerang oleh ayahnya, Uje termasuk pribadi yang bisa di bilang cukup nakal.

Empat tahun di pesantren sudah cukup membuat Uje mengantongi penghargaan dari beberapa pelombaan seperti Adzan, MTQ, dan Qasidah. Beliau juga pernah tercatat sebagai pemeran drama terbaik tanpa naskah di pesantren.

Namun sebelum menamatkan pelajaran di pesantren, Uje memilih keluar dari pesantren kemudian ayahnya memasukkan beliau ke sekolah Aliyah (setingkat SMA).

Dari perjalanan hidup seseorang, tidak selalu berjalan lurus. Begitu juga dengan perjalanan hidup Jefri Al Buchori yang pernah menggeluti dunia malam sebagai penari diskotik hingga jadi pengguna narkoba, peminum, semua hal yang ada di dunia malam.

Seiring berjalannya waktu, Ibu dari Uje tengah mengajaknya untuk pergi berangkat umroh. Dari sinilah Uje mendapat wahyu dari ALLAH, beliau berdo'a untuk minta di cabut nyawanya jika melakukan maksiat kembali. Beliau minta di sembuhkan dari kenakalannya jika dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Setelah berkali-kali jatuh bangun dalam perjalanan hidupnya, beliau bertemu dengan Pipik Dian Irawati untuk menghabiskan sisa hidupnya.

Tawaran ceramah kian banyak setelah meninggalnya kakak ke-2 dari Uje yang bernama Fathul Hayat. Kakaknya berpesan agar Uje melanjutkan ceramahnya dan semua jadwal ceramah kakaknya telah diberikan kepada Uje.

Pada tahun 2000 adalah tahun dimana Uje dikaruniai anak pertamanya, Adiba Kanza Az-Zahra yang telah melengkapi pasangan uje dengan istrinya.

Dari perjalanan ceramahnya yang telah memikat banyak mata dan telinga, Jefri Al Buchori yang dulu seorang yang pernah masuk ke lembah kemaksiatan, di beri kesempatan oleh ALLAH untuk bertaubat dan kini di kenal banyak orang dari dakwahnya dan diangkat derajadnya oleh ALLAH.

Belia wafat karena kecelakan menggendarai sepeda motornya pada tanggal 26 April 2013 dan dimakamkan di Pondok Indah Jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ki Ngabehi Soerodiwirdjo

Al-Habib Ahmad Bafaqih Tempel

Sang Abdi Dalem Keraton Yogyakarta